Senin, 24 Juli 2017

# Married # Minang Bride

Nikah di bawah 100juta?



Pasti cuma adain resepsi di rumah kan?
Ngga kok, di gedung.
Pasti MUA nya abal-abal deh ya?
Bisa liat dan nilai sendiri dari foto di bawah deh ya, menurut ku sih bagus..
Pasti kateringnya B banget ya?
Itu relatif sih ya, tergantung lidah masing-masing..
Dan masih banyak pertanyaan lain kenapa kok bisa resepsi nikah di gedung tapi biayanya ngga sampe 100juta?
Iya, bahkan kalo bayar pake 100juta masih bisa dibalikin uangnya pake motor baru. Hahahaha.
Satu hal ya, semuanya bisa asal mau nurunin gengsi, mau untuk ngga neko neko.
Pernah kan tuh ya, berita viral soal pasangan yang mau nikah cuma akad nikah aja di panti asuhan, cuma abisin uang 5juta.
Tapi menurut ku resepsi mahal ya ngga apa juga, asal mampu dan ngga mubazir.
Apalagi kalo di agama ku, emang diharuskan "merayakan" sebuah pernikahan, minimal kasih makan ke tetangga terdekat.
Maksudnya, agar orang sekitar tau kita sudah menikah, jadi ngga terjadi fitnah kalo berduaan.
Nah, disini aku mau share pengeluaran aku untuk menikah, sekalian bantu calon manten bikin perencanaan keuangan buat resepsi nikahnya.
Pertama, pisahin pengeluaran-pengeluaran besar dan printilan. Kalo aku sih, yang besar itu adalah katering, gedung, MUA. Adapun perintilannya itu KUA, undangan, souvenir, prewed. Tapi dari awal harus udah punya bayangan ya, budget per point itu maksimalnya berapa. Harus sering searching, misal di A dengan item X dapet harga 10juta, cari lagi siapa tau di tempat lain ada item X yang lebih murah dengan kualitas sama atau paling ngga 11-12. Kalo aku, gini nih list pengeluarannya (rate 2016) :

1. Gedung
Gedung Wanita Bogor : Rp 7.000.000,-
Charge for listrik, katering dan lain-lain : Rp 2.800.000,-
Jadi total bayar gedung Rp 9.800.000.
Fasilitas: Ruangan dengan kapasitas 500 orang, fasilitas musholla, kamar mandi, parkiran.

2. Katering
Lestari Wedding paket 800 orang : Rp 56.650.000
Itu udah dapet subsidi bayar gedung 5juta, 6 pondokan yang masing-masing di upgrade jadi 200 porsi, upgrade menu dari menu A jadi menu B dan sarapan buat tamu pas akad. Udah include dekorasi, photobooth, rias dan organ tunggal. Untuk pelaminan rumah bagonjong kena charge lagi sih, 1juta. Mereka bisa adain penari pasambahan juga, dengan nambah 5juta, tapi aku rasa ngga pake juga gapapa hehe. Mayan 5juta mending buat honeymoon misalnya. Btw, kantor mereka ada di Bogor, tapi udah sering kok dipanggil untuk acara di Jakarta.

3. Rias
Griya Aristy, paket silver : Rp 8.500.000
Berhubung aku ngga cocok dengan riasan dari Lestari, aku putusin untuk pisah riasnya. Dari Lestari dapet potongan 3juta kalo rias ngga sama mereka. Untuk paket silver dari Griya Aristy itu, include baju akad dan resepsi pengantin, beskap bapak dan songket ibu untuk resepsi, makeup pengantin wanita + touch up, makeup ibu pengantin, seragam + makeup penjaga buku tamu. Bonusnya aku dapet free makeup test setelah DP, free transportasi fee, no charge for suntiang, beskap bapak dan kain jawa untuk ibu saat akad. Kantor mereka ada di Bekasi, Grand Metropolitan Mall. Untuk jabodetabek yang minat bisa coba dateng aja dulu ke butik mereka ya..
Makeup Resepsi (kiri) dan Akad Nikah (kanan)
Baju resepsi dan suntiang dari Griya Aristy
Tampak belakang gaun resepsi ku :)
4. KUA
Biayanya udah masuk ke dalam undang-undang, Rp 600.000. Dengan catatan, jika di luar KUA dan saat weekend. Alias kalo akad nikah diadakan di KUAnya pas jam kantor tuh GRATIS, gengs..

5. Souvenir
Aku pilih yang berguna alias kepake, ngga sekedar berakhir jadi pajangan aja, yaitu blacu (pouch). Beli di pasar Jatinegara, satuannya Rp 3.500. Tapi karena aku beli 400pcs, aku tawar jadi Rp 3.300/pcs. Total Rp 1.320.000 untuk souvenir.

6. Undangan
 Aku pilih yang belakangnya ditambahin kalender tahunan, ngarepnya biar abis baca ngga langsung di buang. Dan pilih yang hardcover, satuannya Rp 5.500 di Dede Print Bogor. Aku dapet harga segitu karena cuma pesen 400pcs, kalo pesem 500pcs bisa lebih murah dari itu harga satuannya. Di Dede Print, udah dapet softcopy undangan yg bisa design lucu, kartu untuk bridesmaid juga gratis mereka bikinin, sama ucapan terima kasih untuk souvenir. Oh ya bisa gratis dibikinin siluet seperti foto dia atas juga, yang kata orang-orang sih mirip banget sama kita ❤. Total Rp 2.200.000 untuk undangan.

7. Prewed
Pengen ketawa sih ngomongin ini, pengen sok-sokan gitu di depan gitu ada fotonya. Alhasil foto prewed ala-ala, makeup nya dari hasil trial Griya Aristy, bajunya casual, kamera minjem temen, dan foto-foto aja sendiri di Taman Mini, Jakarta. Gratis dong. Kreatif kan? Hahahaha. Tinggal modal cetak foto dan beli bingkai, untuk standingnya buat di gedung dipinjemin sama Lestari.

Prewed ala-ala di rumah gadang, TMII Jakarta


Nah, segitu deh pengeluaran aku untuk nikah. Bisa tau dong berapa? Yes, ngga sampe 75juta.
Aku ngga pake seragam among tamu, boro-boro, keluargaku aja ngga di seragamin. Hahahaha. Pokoknya apapun yang cuma wasting money menurut mu, ngga usah. Mending uang nya buat DP rumah, atau sewa kontrakan, beli isi rumah. Hahahaha. By the way, kalo mau sekedar tanya, bisa DM aku ke Instagram aku ya, @rherenuris. Semoga postingan ini bisa membantu :)

8 komentar:

  1. Kalo di papua mungkin riasnya yg mahal ya... kalo di jawa mungki di sana serba ada jadi gak bingung milah milih. Kalo di sini agak ssah jg karena gk ada pilihan dan harganya mahal makasih re. Tips and trik nya insyaallah aku praktekin. Berkah ya rumah tangganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih doanya. semangat menuju hari H, sorong <3

      Hapus
  2. mba wkt itu pake mua griya aritynya udah pilih2 mua nya siapa blm atau mua nya sesuai di paket aja?

    BalasHapus
  3. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    BalasHapus
  4. hii.. boleh info contact souvenir ?

    thx

    BalasHapus
  5. haloo ka, gmna ka reviewnya pake lestari catering ? recommended ga ka? makasih yaa

    BalasHapus
  6. dokumentasi gak kesebut... asal ada (?)

    BalasHapus